Tips Tentang Penggunaan & Perawatan Gitar

Buat para agan agan yang suka bahkan hobi main gitar pasti punya cara tersendiri buat ngerawat gitar yang pasti jadi barang kesayangan agan.
kebetulan ane juga hobi banget nih mainin gitar gan , nah ane punya kebiasaan kebiasaan yang ane terapin di gitar kesayangan ane hehe😀

1.Bersihin senarnya , Rutin

Tiap mau pake gitar pasti ane lapin senarnya , tiap habis makek pun wajib ane lapin soalnya kalo udah main gitar pasti dah tuh keluar keringat yang bisa bikin senar gitar kita karatan. Pake kain yang bersih gan atau alat khusus pembersih senar gitar ini nih gambarnya gan. Kalo ane sih pakenya merek FastFret, mungkin agan sekalian ada juga yang pake pembersih lain.

2.Cek mur & baut

Merhatiin baut baut yang kadang bisa kendor gara gara kemakan usia , misalnya pada bagian lobang buat masukin jak gitar tuh (apalah namanya😀 maklum otodidak gan sering banget tuh kendor , kalau dibiarin aja nanti pasti melumer kedalem malah bisa ngrusak komponen dalemnya. tapi santai aja gan di titik itu memperbaikinya mudah banget kok hehe😀

3.Tempat Gitar

Belikan sarung gitar gan , soft case sama hard case , dan bentuknya juga macem – macem gan yang penting dapat melindungi gitar dari debu bahkan benturan gan. Dijamin tambah lama tuh umur si gitar
https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/_8thsIIAiG4g/TF57utwUeFI/AAAAAAAAAhk/-wGJiOcCD4A/s1600/HC6.jpghttp://gudanggitar.files.wordpress.com/2011/07/hc-8-800-php.jpg

4.Penyimpanan

Simpan tuh gitar gitar di tempat yang relative kering gan , soalnya suhu ini juga berpengaruh terhadap senar gitar bahkan neck(stang) bisa bengkong jika suhu terlalu panas dan terlalu dingin.

5. Kendurkan senar

Kalo agan agan vacum maen gitar dalam waktu yang lama cth: 5 bulan atau lebih , sebaiknya agan kendurkan senarnya gan , soalnya pernah kejadian gitar temen ane lama engak kepakek dan setelah pengen mainin , eh suaranya udah engak karuan. Ternyata itu karena senar yang tidak dikendurin dan terjadi penarikan di kedua sisi gitar sampai melengkung

6. Buatlah Kinclong

Punya gitar kinclong siapa yang tidak suka. untuk membuat gitar agan mengkilap, cukup dilap dengan bahan kaus, baik bodi, neck, senar, dan seluruh bagian gitar. Untuk bagian pick-up/spul di bawah senar yang agak susah dibersihkan debunya, bisa menggunakan kuas cat.

tapi jangan saking kinclongnya sampe jadi transparan kayak diatas gan hehe itu cuma ilustrasi doang😀

7. Jangan Dibanting

Buat agan agan yang cadas sebaiknya atraksi membanting gitar itu di hilangkan aja deh gan soalnya pastinya gitar bakalan rusak hehe :p

Semoga tips diatas bisa sedikit membantu ya agan agan. Sekian

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s