Abstrak (Literatur)

Definisi Abstrak

Abstrak merupakan penyajian singkat mengenai pembahasan karya ilmiah. Tujuan penulisan abstrak adalah menarik minat pembaca untuk membaca karya ilmiah secara keseluruhan melalui tulisan yang singkat, padat, dan berisi. Oleh sebab itu, penulisan abstrak harus mampu mewakili isi karangan ilmiah mulai dari latar belakangan, metode penelitian, dan hasil penelitian agar pembaca mudah memahami garis besar persoalan.

Pembagian jenis abstrak dilandasi oleh sifat abstrak itu sendiri, yaitu terbagi menjadi dua garis besar: abstrak deskriptif (Abstract) dan abstrak informatif (Precise and Summary). Abstrak deskriptif adalah jenis abstrak yang hanya menguraikan isi karya ilmiah secara singkat tanpa menyatakan aspek yang dibahas dalam tulisan. Sedangkan abstrak informatif merupakan penyajian singkat dari sebuah karya ilmiah dengan memaparkan urutan bab yang terdapat dalam makalah dan dilengkapi contoh ilustrasi untuk mempermudah penyajian ringkasan karya ilmiah.

Cara membuat Abstrak

Biasanya abstrak ditempatkan di awal suatu laporan/artikel ilmiah dengan tujuan agar pembaca yang mempunyai waktu relatif sedikit cukup hanya dengan membaca abstraknya untuk memahami suatu karya ilmiah secara umum. Dalam artikel ilmiah, abstrak ditulis setelah judul dan nama pengarang yang diketik satu spasi. Untuk itulah, penulisan abstrak harus dapat mewakili isi karangan ilmiah secara keseluruhan, mulai dari latar belakang, metode, dan hasil penelitian.

 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat abstrak, yaitu:

  1. Abstrak harus dapat menjadi penghubung antara pemikiran pembaca dengan penulis tentang lingkup materi yang diungkapkan di dalam suatu karangan ilmiah;
  2. Abstrak harus dapat mengungkapkan keseluruhan isi materi yang diuraikan secara lengkap di dalam suatu karangan ilmiah;
  3. Abstrak harus dapat menuntun pembaca (mengondisikan pembaca) terhadap uraian materi secara lengkap;
  4. Abstrak merupakan ide pokok suatu uraian sehingga abstrak harus dapat membuat pembaca tertarik dan tendorong rasa ingin tahunya untuk membaca uraian materi yang lebih lengkap dari suatu laporan penelitian/artikel ilmiah.

Contoh Abstrak

Abstrak
Arifin.2013.Manfaat Biji Turi Sebagai Pengganti Kedelai Dalam Pembuatan  Tempe.SMA Negeri 1 Purworejo
Dewasa ini kebutuhan akan kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe dan kecap sangat tinggi,hal itu mengakibatkan harga kedelaipun meroket dan persediaan akan kedelaipun sangat terbatas  yang pada akhirnya para pengusaha tempe dan kecap pun panik dan kesusahan dalam menangani produksinya. jika hal ini tidak segera diatasi, maka banyak pengusaha tempe dan kecap yang pada akhirnya gulung tikar yang di karenakan kelangkaan kedelai. Sementara itu di sisi lain, biji turi tersedia dalam jumlah banyak dan belum dapat di manfaatkan dengan baik di  kecamatan Kutoarjo, kabupaten Purworejo dan sekitarnya. Oleh karena itu, penulis melakukan studi dan penelitian tentang  biji turi (Sesbania grandiflora) sebagai pengganti kedelai dalam pembuatan tempe. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penulisan yang penulis gunakan adalah studi literatur atau kajian pustaka. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari literature, penulis dapat menyimpulkan bahwa biji turi dapat digunakan sebagai pengganti kedelai untuk pembuatan tempe, caranya mirip dengan pembuatan tempe seperti umumnya yaitu  perendaman biji turi, pemasakan pertama biji turi, pemisahan kulit, pemasakan ke dua, pendinginan, peragian, pembungkusan. Tempe yang di hasilkan dari biji turi pun tidak kalah dengan yang di hasilkan oleh kedelai, tempe biji turi juga mengandung kandungan gizi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, dan garam garam mineral lain yang di perlukan oleh tubuh.
Kata kunci : biji turi, tempe, Sesbania grandiflora.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s