kajian dalam bidang multi disiplin ilmu linguistik dan komputasi

Ilmu Linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bahasa merupakan objek bagi ilmu ini. Bahasa di sini maksudnya adalah bahasa yang digunakan sehari-hari (atau fenomena lingual). Karena bahasa dijadikan objek keilmuan maka ia mengalami pengkhususan, hanya yang dianggap relevan saja yang diperhatikan (diabstraksi). Jadi yang diteliti dalam linguistik atau ilmu bahasa adalah bahasa sehari-hari yang sudah diabstraksi, dengan demikian anggukan, dehem, dan semacamnya bukan termasuk objek yang diteliti dalam linguistik.

Komputasi merupakan sub bagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada komputer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung.

Bahasa dan Komputasi merupakan satu kesatuan dari Teknologi Informasi.
Analoginya seperti saat membuat suatu program kita menggunakan bahasa yang kompleks, dalam bahasa tersebut harus mempunyai struktural dan tata bahasa yang benar, agar tidak mendapatkan sebuah “error” pada saat menjalankan program tersebut.

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Linguistik
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s