PENGERTIAN, PERKEMBANGAN DAN TREND KEDEPAN TELEMATIKA

Pengertian Telematika

Telematika adalah telekomunikasi, media dan informasi. Artinya bertemunya media komunikasi dengan teknologi komputerisasi yang akan menghasilkan sebuah informasi yang nanti nya informasi tersebut digunakan oleh pakar telematika, IT Expert atau end user. Biasanya telematika digunakan untuk peralatan komunikasi antara perangkat keras satu dengan perangkat keras lain dengan teknologi nir kabel. Salah satu contohnya telematika digunakan pada GPS Car System.
Telematika juga diartikan oleh senada pendapat pemerintah, telematika singkatan dari Tele = telekomunikasi, MA = multimedia dan Tika = informatika. Mengacu dikalangan masyarakat telematika Indonesia, telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.

Perkembangan telematika

Peristiwa proklamasi 1945 membawa perubahan bagi masyarakat Indonesia dan sekaligus menempatkannya pada situasi krisis jadi diri. Krisis ini terjadi karena Indonesia sebagai negara belum memiliki perangkat sosial, hukum dan tradisi yang mapan. Situasi itu menjadi bahan bakar bagi upaya-upaya pembangunan karakter bangsa di tahun 50-an dan 60-an.
Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi, mulai dari radio, telegrap, telepon, televisi dan satelit telekomunikasi hingga ke internet. Perkembangan telematika dibagi menjadi dua masa, yaitu masa pra satelit dan masa satelit.

1. Masa Pra-satelit

Radio dan Telepon

Di periode pra satelit (sebelum tahun 1976), perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia masih terbatas pada bidang radio dan telepon. Radio dalam masa ini sangat sulit di dapatkan, sehingga dengan dorongan kebutuhan yang mendesak akan adanya alat perjuangan di masa revolusi kemerdekaan tahun 1945 dengan menggunakan perangkat keras oleh Radio Republik Indonesia (RRI). Hal ini digunakan untuk merumuskan jati diri keberadaan RRI sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan rakyat dan rakyat dengan rakyat.

Sedangkan telepon pada masa lalu tidak terlalu penting sehingga membangun telekomunikasi masih kecil jumlahnya. Di pra satelit radio lebih di utamakan dibandingkan telepon sebagai sarana komunikasi. Saat itu, telepon hanya dikelola oleh PTT (Perusahaan Telepon dan Telegrap) tidak ada yang lain.

2. Masa Satelit

Satelit Domestik Palapa

Pada masa satelit, gagasan tentang peluncuran satelit bagi telekomunikasi domestik di Indonesia bisa ditelusuri asal muasalnya dari sebuah konferensi di Janewa tahun 1971. Pada konferensi itu di tampilkan pula pameran dari perusahaan raksasa pesawat terbang Hughes. Perusahaan inilah yang mengusulkan ide pemanfaatan satelit bagi kepentingan domestik Indonesia.

Hal ini diresmikan melalui pidato kenegaraan oleh presiden Soeharto di Jakarta, tanggal 16 Agustus 1976. Ini merupakan satu-satunya proyek teknologi yang mendapat tempat terhormat di gedung Parlemen. Namun peluncuran satelit itu merupakan kebijakan nasional yang gagasan awalnya dicetuskan oleh pemerintah.

Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa Indonesia pernah mengalami ancaman perpecahan. Untuk mempersatukan tanah air yang sangat luas ini diperlukan saran perhubungan yang mencakup seluruh wilayah nusantara.

Dampak adanya Satelit palapa, pertumbuhan ekonomi yang pesat di tahun 1988 membuat kebutuhan telekomunikasi melonjak secara drastis. Untuk memenuhi kebutuhan telepon yang melonjak, disadari pemerintah perlunya perubahan regulasi yang kemudian membuahkan UU no. 3 tahun 1989 tentang pengertian telekomunikasi yang diperluas hingga mencakup alat pengiriman data.

Trend Kedepan Telematika

Perkembangan telematika terus berkembang, terbukti dari masa lalu hingga sekarang telematika dalam segi teknologi yang berkembang dari telepon, televisi, dan yang lainnya. Di masa lalu telepon saja yang digunakan, sekarang bisa menggunakan telepon gengam atau disebut handphone. Handphone sekarang sudah sangat berkembang, yang setiap tahun nya selalu mengeluarkan yang terbaru. Begitu pun dengan televisi yang selalu mengeluarkan yang terbaru. Bisa jadi nanti di kedepannya handphone dan televisi bisa lebih modern lagi dibanding sekarang ini dan masih banyak lagi trend telematika yang akan bermunculan dimasa yang akan datang.

[sumber]
[sumber]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s